Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) Telah Dibuka

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) Telah Dibuka
Loading...
Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) Telah Dibuka

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2019 adalah ke-14 kalinya event tahunan ini digelar dalam rangka peringatan Imlek dan Cap Go Meh. Perhelatan ini dibuka kemarin dan berlangsung dari tanggal 13-19 Februari 2019. Acara tersebut akan dipusatkan di kawasan Malioboro tepatnya di kampung yang disebut Kampung Ketandan Selatan sebelah utara Ramayana Mall.

Saat memasuki kawasan ini, Anda akan terkesima dengan kokohnya dan megahnya Gapura Kampung Ketandan dengan warna yang didominasi warna merah bernuansa imlek lengkap dengan ornament-ornamen khas Tionghoa.  Di depan gapura tersebut dipercantik dengan barisan lampion-lampion warna merah yang dilengkapi lampu yang menyala sehingga memperindah pemandangan saat malam hari.

Kampung ini memang sudah sejak dulu menjadi lokasi pemukiman etnis Tionghoa Yogyakarta. Nggak tanggung-tanggung, nenek moyang masyarakat Ketandan diperkirakan sudah bermukim di sana dan menjadi bagian dari harmoni Yogyakarta sejak pertengahan abad ke-18, tak lama setelah Kasultanan Yogyakarta didirikan.

Berbagai acara siap digelar pada perhelatan PBTY tahun ini. Ketua Panitia PBTY 2019 Harry Setio mengatakan “Berbagai macam event dari mulai lomba Chinnese Paper Cutting, Talent Show dan Grand Final Koko dan Cici, Lomba Kaligrafi Tiongkok, Treasure Hunt Game, Lomba Karaoke, Seleksi dan Karnaval Jogja Dragon Festival, sampai Lomba mewarnai batikpun akan dilaksanakan untuk memeriahkan acara ini” kata Harry.

banner 300250

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *