Pawai Panjang Jimat Kabupaten Demak

Demak – Ribuan masyarakat Kabupaten Demak, Jawa Tengah berkerumun di pusat kota untuk menyaksikan pawai Haul Agung Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah Al-Akbar Sayyidin Panotogomo Ke 515 Th 1439 H/2018 M Minggu (24/02/18).

Kegiatan yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Pawai Panjang Jimat’ ini diikuti oleh 55 kelompok barisan berjumlah ribuan orang. Diantaranya rombongan tingkat SD, SMP, SMA dan juga kalangan umum.

Pawai panjang jimat ini diselenggarakan oleh Takmir Masjid Agung Demak. Seperti halnya pada haul-haul yang lalu, tahun ini acara juga digelar di Masjid Agung Demak.Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Demak Bp. H.M. Natsir, SAg, MM, MPd,Dandim 0716/Demak diwakili oleh Danramil 01/Demak Kapten Kav Karmadi,Kapolres Demak diwakili oleh Kabag Sumda Polres Demak Kompol M.K Budiono, SH,Wakil bupati Demak Bp. Drs. H. Joko Sutanto,Ka Satpol PP Kab. Dmk Bp. Drs. Bambang Saptoro, MM,Kakan Kemenag Kab. Demak Bp. H. Ahmad Syamsudin,Kabag Kesra Setda Dmk Bp. Badrul Kamal,Ketua Takmir MAD diwakili oleh Bp. Muhaimin,Pengurus Takmir Masjid Agung Demak.

Pawai tersebut juga diikuti ratusan pelajar dari sejumlah SD hingga SMA, serta dimeriahkan iring-iringan sepeda, becak hias, drumband, rebana, rombongan OSIS dan Pramuka. Rute pawai dimulai dari jl.Bhayangkara menuju ke ke tribun kehormatan di depan Masjid Agung Demak.

Arak-arakan ini diikuti ribuan orang dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintah.Ada TNI Kirab Bendera Merah Putih,Pemerintah Kabupaten Demak, lembaga pendidikan, dan ormas-ormas yang ada di Kabupaten Demak dan sekitarnya.

Penampilan peserta pawai jadi fokus perhatian pengunjung. Ada tarian sufi dari para santri, atraksi dari para pelajar dan sebagainya

Sulastri Anisa (26), seorang penonton, mengatakan pawai tersebut memang ditunggu-tunggu oleh warga Demak.”Setiap tahun, ini yang kami tunggu-tunggu. Pawai selalu meriah, ada saja yang tampil unik dan bagus,” terang Sulastri kepada awak media.

“Ini sekalian menonton aksi teman-teman saya yang ikut pawai,” jelasnya.(Pendim 0716/Demak)

0Shares

Related posts

Leave a Comment