Museum Keris Nusantara Di Solo Menjadi Daya Tarik Wisatawan

 

Museum yang mulai dibangun pada 2013 itu menyimpan berbagai banyak keris serta senjata tradisional lainnya dari penjuru Indonesia.

Museum Keris Nusantara Solo sudah di buka semenjak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 9 Agustus 2017 lalu, saat ini Museum Keris Solo belum menarget berapa biaya untuk tiket masuknya.Untuk satu bulan ini tidak di kenakan biaya tiket masuknya.

Untuk melihat berbagai macam keris yang ada di museum itu prosedurnya tidak terlalu sulit, di dalam museum sudah di sediakan lift untuk pengunjung yang ingin melihat berbagai macam keris yang ada di lantai atas.

Museum ini memiliki empat lantai.Sebenarnya, di lantai satu juga sudah terlihat berbagai macam keris yang dipajang, namun tidak terlalu banyak jumlahnya. Di lantai dua, selain melihat keris, pengunjung juga dapat membaca penjelasan tentang kegunaan keris serta bagian-bagian.

Di lantai dua juga terdapat pusat pembelajaran keris bagi pengunjung. Tidak hanya itu, museum ini juga dilengkapi dengan video visual mengenai perjalanan keris di Indonesia.

Didalam lantai tiga dan empat terdapat alat musik jaman dulu dan juga patung – patung yang digunakan sebagai ilustrasi orang – orang yang berperan dalam pembuatan keris yang ada di museum.Dan terdapat juga perpustakaan umum bagi para pengunjung.

Saya rela jauh-jauh dari Bangka Belitung ke Solo hanya untuk melihat musium keris ini.Musium ini cukup bagus dan menarik,musium ini juga mengusung tema modern.Tutur Joni (pengunjung musium)

#Risa #yarita

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment