Makam Raden Ngabehi Ronggowarsito banyak di kunjungi oleh peziarah setiap malam rabu pon.

Trucuk – Makam Ki Ronggowarsito berada di Dusun Kedon, Palar, Trucuk, Klaten, Jawa Tengah Tempat ini berupa sebuah kompleks pemakaman kuno para pendiri Kota Klaten. Di makam ini pula bersemayan jasad seorang tokoh besar dalam sejarah cerita Babad Tanah Jawa, yaitu Raden Ngabehi Ronggowarsito.

“Raden Ngabehi Ronggowarsito memang sudah tak asing lagi. Dia adalah seorang Pujangga Keraton Solo. Pada hari Rabu Pon (dalam tanggalan jawa) yang mengubah jangka Jayabaya yang terkenal hingga ke mancanegara itu. Hingga sekarang kitab ramalan ini masih menimbulkan perdebatan. R. Ng. Yosodipuro alias Bagas Burhan adalah R.Ng. Ronggowarsito yang kita kenal. Semasa kecil hingga remaja dia memang dikenal dengan nama Bagas Burhan dan pernah menuntut ilmu di Pesantren Tegalsari atau Gebang Tinatar. Karena kepekaan spiritual dan olah kebatinan yang dimilikinya, Ronggowarsito akhirnya di angkat oleh Keraton Surakarta untuk menjadi peramal istana.” begitu ujar Pak Bambang selaku juru kunci makam tersebut.

Area makam tersebut sangat strategis dan sangat nyaman untuk pengunjung yang ingin berziarah atau hanya sekedar beristirahat, karena di depan kompleks pemakaman kuno tersebut terdapat tempat untuk beristirahat yang sangat teduh karena di sekitar kompleks terdapat beberapa pepohonan yang menyejukkan.

Dengan hanya bermodal uang seikhlasnya anda dapat anda berkunjung di Klaten jangan lupa menyempatkan diri untuk berziarah atau hanya sekedar berwisata saja di makam Ki Ronggowarsito. Karena tempat tersebut salah satu makam kuno yang berada di Kabupaten sekaligus situs purbakala yang sangat terkenal di daerah tersebut.

0Shares

Related posts

Leave a Comment