Jembatan Balerang Batam Kokoh Kuat Menghubungkan Ekonomi Warga

Jembatan Balerang Batam Kokoh Kuat Menghubungkan Ekonomi Warga
Loading...

Batam – Jembatan Balerang di Batam adalah jembatan yang menghubungkan pulau Batam dan pulau disekeliling Batamn. Diantaranya adalah Pulau TontonPulau NipahPulau RempangPulau Galang dan Pulau Galang Baru. jembatan ini dikenal secara umum oleh masyarakat dengan nama jembatan Balerang atau bahkan ada yang menyebut Jembatan Habibie. Penyebutan ini dikarenakan Habibie lah yang memprakarsai dan mempunyai ide pembangunan jembatan ini yang tujuannya menghubungkan pulau disekitar Batam.

Jembatan Balerang menjadi ikon kota Batam dan banyak menjadi kunjugan wisata karena keindahannya. Awalnya namanya adalah jembatan Fisabilillah namun lambat laun nama jembatan Balerang menjadi lebih populer. Nama Balerang sendiri diambil dari ketiga pulau sekitar Batam yaitu Batam, Rempang, dan Galang.

Jembatan Balerang merupakan hasilkarya berteknologi tinggi Indonesia tanpa campur tangan ahli dari luar negeri. Balerang dibangun selama 6 tahun (1992 – 1998) dan menyedot dana sebesar 400 Milyar membentang sepanjang 54 km.

banner 300250

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *