STMIK AUB Datangkan Polisi dan Ahli Forensik di Seminar Cyber Security

Surakarta – Perkembangan teknologi informasi yang semakin meroket terutama pada penggunaan internet yang disebabkan oleh perkembangan dalam bidang pendidikan dan pengetahuan. Karena perkembangan tersebut maka diperlukan pula sistem penanggulanagn kejahatan dunia maya atau sucurity dalam penggunaan internet agar dalam penggunaan internet agar terasa aman. Hal inilah yang melatarbelakangi STMIK AUB untuk mengadakan Seminar Nasional Cyber Security dengan tema Defend Security And Digital Forensic For Sosial Media.
Seminar tersebut diadakan pada Sabtu, 16 Desember 2017 dengan pembicara Yudi Prayudi, S.Si.,M.Kom yang merupakan Dosen Pascasarjana FTI Universitas Islam Indonesia dan IPTU Subarkah, S.Kom Wakapolsek Jatipuro Kepolisian Resort Karanganyar. Seminar tersebut merupakan agenda tahunan dari STMIK AUB yang ikut andil dalam memajukan perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Acara yang diadakan di aula STMIK AUB Surakarta tersebut didukung oleh berbagai pihak seperti, Asosiasi Profesi Multimedia Indonesia, CV. Mitra Solusi Utama, LIPI, BNSP, Pusat Studi Forenika Digital UII, dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Dalam seminar ini Dosen Pascasarjana FTI Universitas Islam Indonesia, Yudi Prayudi, S.Si.,M.Kom menyampaikan bahwa Kita beruntung bisa hidup di era sekarang yang perkembangan teknologi dan internet semakin bagus, namun hal inilah yang menyebabkan terjadinya suatu istilah yang disebut cyber space yang merupakan sebuah domain baru yang disitu ada kehidupan baru, interaksi, mayoritas, komunitas, dan masyarakat disitu. Dari istlah cyber space maka muncul digital universe dimana merupakan sebuah domain baru kehidupan kita yang serba digitaly. Sehingga muncul isilah print your all device sehingga kita dapat bekeja anytime, anyplace, anyware dimanapun orang bisa bekerja dengan teknologi.
Menurunya kejahatan fisik sudah berubah dengan adanya computer dan internet sehingga ada dimensi baru dalam dunia kejahatan dikonsumsi public untuk mengkhawatirkan disalahgunakan pihak yang tidak yg disebut cyber crime. Yudi Prayudi, S. Si, M. Kom juga memberikan tips yang aman dalam berinternet yaitu, gunakan password yang berisi kombinasi angka, huruf dan karakter, lalu gunakan juga alamat website yang secure, jangan membuka aplikasi yang tidak penting, hati hati juga dengan web camera, backup data secara berkala dan jangan mudah membuka attachment.

Materi kedua diberikan oleh IPTU Subarkah, S.Kom Wakapolsek Jatipuro Kepolisian Resort Karanganyar dengan tema Implementasi UU ITE untuk Mencegah Hoax di Media Sosial. Banyak sekali contoh penyalahgunaan di media sosial seperti, Berita bohong (Hoax), Berita palsu (Fake News), Penyebaran kebencian (Hate Speech), dan Pencemaran nama baik. Hal tersebut telah diatur dalam UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE Pasal 27 s/d 35. Dalam undang undang tersebut tlah ditetapkan bahwa penyalahgunaan dalam bidang Informasi dan Transaksi Elektronik yang hukumannya berupa kurungan dan denda ratusan bahkan milyaran rupiah. Menurut sumber yang diberikan Humas Polri ada beberapa cara untuk menghindari berita hoax yaitu, BACA informasi secara utuh, lihat lebih detil & teliti isinya, TANYAKAN kepada penyebar informasi. Konfirmasi darimana asal informasi tersebut, CEK sumber informasi, apakah dari media yg kredibel, PASTIKAN melalui seach engine apakah ada informasi yg sama.
Beliau juga memberikan tips yang aman untuk menyebarkan berita diantaranya, Cek apakah isi berita tersebut sudah benar dan apakah sudah dikonfirmasi, cek juga berita tersebut fakta atau hanya berupa prasangka, jika berita itu berupa fakta perlu tidak untuk disebarluaskan dan apakah ada pihak yang dirugikan dengan berit tersebut, dan yang terakhir cek apakah berita tersebut berisi pesan perdamaian atau pesan permusuhan. Dari semua pemaparan para narasumber tersebut yang menjadi point utama adalah bagaimana cara kita untuk bisa dengan bijak menggunakan teknologi internet agar bisa bemanfaat bagi kehidupan kita dan sehingga tidak menjadi bumerang bagi kehidupan kita. #RoliPoly

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment