Museum Keris Solo Resmi Di Buka

 

 

 

Setelah 4 tahun di bangun, Museum keris Solo pada hari Rabu, 09 Agustus 2017 akhirnya di resmikan oleh presiden republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo sekitar pukul 12.30 WIB di depan pintu masuk museum keris.

Presiden juga di dampingi oleh istrinya, ibu Iriana Widodo,gubernur jawa tengah Ganjar Pranowo,dan walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo beserta wakilnya. Acara ini berlangsung lancar tanpa ada halangan.
Presiden Jokowi juga memuseumkan seluruh koleksi keris yang ia miliki untuk museum keris Solo ini.

FX. Hadi Rudyatmo menuturkan, di museum ini terdapat seluruh koleksi senjata dari seluruh Indonesia,seperti rencong, pedang, tombak, dll. Namun hanya keris yang di utamakan di museum ini,”koleksi senjata di sini dari sabang sampai merauke,namun yang di utamakan hanya keris, karena lebih punya pamor positif karena di buat oleh empu-empu dan pembuatan keris ini tidak sekedar untuk di buat, meminta kepada yang membuat hidu agar bisa jadi”,ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan harapan museum ini bagi masyarakat, “Bersama-sama bisa melihat perjalanan sejarah keris, tombak, bedhal, dll.,yang merupaka dari warisan seni budaya bangsa Indonesia”,ujarnya.

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment