MUBES Kosgoro di Surabaya Hayono Isman Ketua Umum Kosgoro Pusat Ajak masyarakat kembali ke Jati Diri Indonesia

 

Surabaya – Musyawarah Besar (Mubes) Kosgoro yang ke XI digelar di Surabaya Jawa Timur yang berlangsung selama tiga hari sejak hari Jumat 24 November sampai Minggu 26 November 2017 lalu berlangsung aman dan sukses. MUBES Kosgoro tersebut yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia menghasilkan beberapa keputusan yang telah disepakati bersama. Seperti pernah dilansir oleh salah satu Koran Harian yang terbit di Jakarta dijelaskan bahwa Sumber daya manusia (SDM) muda mendapat perhatian serius dari Kosgoro adalah salah satu yang dibahas dalam Mubes Kosgoro. Agenda utamanya adalah memilih kepengurusan Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) periode 2017-2022 serta membahas garis besar program untuk lima tahun kedepan.
Kosgoro memandang banyak tantangan bagi bangsa ini kedepan. Khususnya terkait dengan bonus demografi yang didominasi kelompok usia 15-64 tahun sebagai kelompok produtif. “Lebih khusus lagi usia 15-35 tahun yang akan menempati porsi 46 persen dari total populasi penduduk Indonesia”, kata ketua umum PPK Kosgoro Hayono Isman.
Karena itu lima tahun kedepan Kosgoro bertekad untuk aktif membangun perekonomian masyarakat berbasis SDM muda dengan mendorong pemanfaatan sumber daya alam yang unggul. Keunggulan tersebut harus dioptimalkan untuk aktivitas ekonomi produktif dibidang pariwisata, bahari, pertanian, dan ekonomi kreatif. Untuk mendukung rencana tersebut, akan didorong peningkatan kualitas dan kompetensi SDM melalui pendidikan dan pelatihan yang bersifat aplikatif sekolah-sekolah dan lembaga pelatihan dibawah naungan Kosgoro akan dikuatkan kualitas pendidikan vokasi sesuai kebutuhan ,ujar Hayono. Lebih lanjut Hayono Isman dalam pidatonya menegaskan bahwa Mubes XI KOSGORO telah berakhir dengan selamat dan menghasilkan berbagai Keputusan Mubes XI yang strategis dan menampakkan KOSGORO memperkuat jati diri yang sebenarnya, yaitu sebagai organisasi pejuang yang dilahirkan oleh Tentara Pelajar Pejuang Kemerdekaan TRIP Jawa Timur. Dengan hanya modal berani dan berdikari para pejuang muda tersebut pantang menyerah mengusir penjajah. Suatu sikap perjuangan yang sungguh dibutuhkan oleh generasi milenial zaman ‘now’ menghadapi gelombang perubahan besar akibat revolusi digital ditengah era demokrasi dan keterbukaan Indonesia.
Oleh karena itu, produk Mubes XI KOSGORO 2017 ini saya beri judul : Arah Baru. Arah baru bagi KOSGORO mempersiapkan dirinya sebagai wadah berkembangnya gagasan dan pemikiran baru yang kreatif, inovatif dan konstruktif bagi kaum muda Indonesia menjadi percaya diri tidak minder dan gagap menghadapi era persaingan didalam maupun luar negri.
Semoga Allah SWT menyertai perjuangan kita KOSGORO dengan semangat pengabdian-kerakyatan-solidaritas membangun Indonesia maju, makmur, dan merata.
Seperti dijelaskan oleh drs suhadi bahwa pelaksanaan Mubes XI KOSGORO yang berlangsung di Hotel ELMI, Surabaya menurutnya kegiatan tersebut terpancar jalinan komunikasi antar peserta Mubes dari daerah satu dengan daerah yang lain. Terdapat keakraban yang disertai saling berjabat tangan, saling berrangkulan, dan terjadi pembicaraan yang aktif. Mereka saling melepas lkangen karena pada tahun sebelumnya mereka pernah bertemu dalam Mubes KOSGORO yang berlangsung di daerah lai. Suhadi mengaku KOSGORO merupakan organisasi besar yang memiliki kekuatan luar biasa Karen aperannya selama ini ditengah masyarakat Indonesia sudah cukup tinggi khususnya dalam hal keterlibatan pendidikan, keuangan dan perbankan, serta kesehatan, dibidang organisasi pun Kosgoroo terus menunjukkan keberadaannya membantu orang miskin dan menyiapkan SDM yang bermutu dan berkualitas khususnya bagi generasi muda yang notabene mereka adalah calon pemimpin bangsa ini.
Dalam keberlanjutannya Suhadi akan menjalankan apa yang telah digariskan oleh keputusan Kosgoro hasil Mubes di Surabaya itu, khususnya di bidang pendidikan, karena di Kosgoro Sragen lini yang paling dominan kuat dan mengakar dalam peran sertanya ditengah masyarakat yang sudah nyata selama ini adalah pendidikan dan kesehatan.(Ries/KAsn)

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment