UBSI Surakarta Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat di Masjid Al Fatih Kepatihan Solo Pemanfaatan Gadget untuk Digital Marketing Remaja Masjid dan UMKM

UBSI Surakarta Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat di Masjid Al Fatih Kepatihan Solo Pemanfaatan Gadget untuk Digital Marketing Remaja Masjid dan UMKM
Loading...

 

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang dinanti kehadiranya oleh seitap kaum muslim. Pada bulan penuh berkah kali ini, UBSI Surakarta menyelenggarakan Workshop pemanfaatan gadget untuk digital marketing remaja masjid dan UMKM. Workshop tersebut dilaksanakan pada Minggu, 26 Mei 2019 di Serambi Masjid Al-Fatih Kepatihan Jebres Surakarta. Pelatihan ini diikuti oleh remaja masjid dan UMKM di sekitar lingkungan masjid.

Gadget menjadi salah satu teknologi yang penggunaannya terus mengalami peningkatan. Penggunaan gadget perlu diarahkan agar dapat memberikan dampak yang positif bagi kehidupan. Sedangkan saat ini kaum muda sebagai generasi millenial harus mampu mengaplikasikan penggunaan gadget dengan meningkatkan pemanfaaatannya. Walaupun, sebagian besar dari mereka belum mengetahui pemanfaatan gadget dengan baik.

UMKM menjadi salah satu tonggak perekonomian masyarakat sekitar yang beberapa ownernya merupakan kaum millenial. Disinilah peran gadget dapat diselaraskan dengan digital marketing untuk memasarkan produk. Gadget dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk memberikan dampak yang positif dan mendukung perkembangan bisnis.

Selain untuk digital marketing, gadget juga dapat digunakan untuk menciptakan konten-konten kreatif. Disini remaja masjid dapat memanfaatkannya sebagai media dakwah dan menyebarkan kebaikan. Workshop dilaksanakan dengan memberikan arahan untuk memanfaatkan gadget untuk digital marketing melalui sosial media. Peserta workshop juga diberi pembekalan untuk mengetahui bagaimana membuat konten yang menarik.

Workshop ini dihadiri oleh 50 remaja masjid dan pelaku wiramuda di sekitar lingkungan masjid. Para peserta juga sangat antusias saat kegiatan workshop dilaksanakan. Diharapkan setiap peserta dapat mengambil manfaat dari pelaksanaan workshop pemanfaatan gadget untuk digital marekting. Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari agar meningkatkan pemanfaatan gadget untuk hal yang positif.

Berlaku sebagai narasumber adalah Bambang Eka Purnama yang juga Ketua Program Studi Sistem Informasi UBSI Kampus Surakarta yang memaparkan penggunaan gadget untuk membranding produk UMKM dan kegiatan remaja masjid. Dengan begitu maka kegiatan remaja masjid akan bisa diketahui oleh masyarakat secara luas dan bisa menginspirasi. Sementara peran UMKM yang masih konvensional harus disupport oleh remaja masjid agar penjualannya bisa meningkat karena dibranding dengan baik kata Bambang dalam paparannya. Sementara Ustadz Mohammad Solahudin, SE, M.Sc, CD DR yang merupakan ketua takmir masjid Al Fatih sangat senang karena mendapat pengetahuan baru untuk membranding dengan cara yang lebih baik. Kedepannya diharapkan kerjasama ini tidak berhenti sampai disini saja namun bisa lebih intensif bersama UBSI Kampus Solo sehingga akan makin banyak lagi kemanfaatan yang bisa ditebar untuk umat. (EAT)

banner 300250

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *