BSI Yogyakarta Latih Polisi Air Mahir Berkomunikasi

Yogyakarta – Semenjak penandatanganan kerjasama antara POLDA DIY dengan Kampus Bina Sarana Informatika (BSI) Yogyakarta tahun 2013 lalu, kedua instansi ini selalu saling mengisi dalam hal pelatihan dan seminar. Kali ini, AMIK BSI Yogyakarta berkesempatan diundang oleh Ditpolairud POLDA DIY untuk memberikan materi Komunikasi Efektif di Aula Ditpolair POLDA DIY di pesisir Pantai Depok Selasa (13/02).

AMIK BSI Yogyakarta diwakilkan oleh Diah Pradiatiningtyas, SE., M.Sc selaku Wakil Direktur III AMIK BSI Yogyakarta sekaligus Narasumber dalam pelatihan Komunikasi Efektif, acara tersebut disambut dengan sangat antusias oleh Wadir Polairud POLDA DIT AKBP Andreas Heri, SIK. Andreas menyampaikan bahwa diadakannya pelatihan ini selain menjadi bekal anggota polisi air dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat di pesisir pantai juga diperuntukkan sebagai penyegaran anggotanya.

Paham radikalisme yang sedang marak disebarkan di Indonesia adalah salah satu tantangan bagi Polisi Air untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat pesisir pantai, oleh karenanya cara berbicara dan komunikasi yang efektif dan baik dirasa perlu untuk dimiliki anggota Polisi Air yang langsung terjun bersentuhan dengan masyarakat.

Acara pelatihan ini diikuti kurang lebih 50 personil Polisi Air dan jajaran perwira Polisi Air POLDA DIY. Acara pelatihan berlangsung kurang lebih 3 jam, dimana Diah sebagai Narasumber memberikan tips dan trik dalam melakukan komunikasi efektif, serta memaparkan apa saja yang menjadi unsur komunikasi efektif. Keterampilan mendengarkan, berbicara, penggunaan bahasa serta bahasa tubuh adalah salah satu kunci komunikasi yang baik papar dosen muda tersebut.

Selesai pemaparan dilanjutkan oleh praktik berbicara oleh beberapa personil yang diminta maju ke depan sedangkan rekan yang lain menyiapkan evaluasi sesuai materi yang telah didapat. Acara pelatihan ini berlangsung ceria dipenuhi gelak tawa pesertanya.

Saat akhir acara penutupan pelatihan dihadiri oleh Direktur Polairud Kombes Pol. Mansjur, SH., SIK yang menyampaikan kegembiraannya bahwa pelatihan ini berlangsung lancar dan baik, berharap hasilnya dapat benar diterapkan oleh semua anggota Polisi Air POLDA DIY. (Diah)

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment