Ajari Nilai Perjuangan Hingga Karakter, Melalui Film

Surakarta – Sebanyak 210 siswa dengan didampingi guru menonton bersama film Nyai Ahmad Dahlan di Bioskop Cinema XX1 The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo pada Rabu (30/8). Kegiatan tersebut dalam rangka menyemarakkan Milad Muhammadiyah ke-108.
Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menjelaskan kegiatan Nobar (nonton bareng) kali ini digelar untuk memperingati Milad Muhammadiyah ke-108 dan menyemai nilai-nilai perjuangan dan karakter Nyai Ahmad Dahlan yang terdapat dalam Film Nyai Ahmad Dahlan.
Kegiatan ini diikuti oleh 210 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX. Kami mengajak para siswa dan guru untuk bersama-sama belajar dan meneladani nilai perjuangan dan karakter Nyai Ahmad Dahlan melalui Film Nyai Ahmad Dahlan. Melalui film ini kami ingin membangun karakter berkemajuan para siswa, tandasnya.
Selama 1,5 jam mereka menyimak dengan seksama film tentang kehidupan Siti Walidah, Istri Kyai Haji Ahmad Dahlan yang ikut berjuang dalam membesarkan organisasi Muhammadiyah dan mendirikan organisasi Aisiyah. Lika-liku perjuangan dalam mendirikan dan membesarkan organisasi Muhammadiyah dan Aisiyah tergambar dalam film tersebut. Nyai Walidah dengan keikhlasannya menyumbangkan hartanya untuk membiayai berdirinya Muhammadiyah. Selain itu, Nyai Walidah juga menumbuhkan kesadaran kepada kaum wanita terhadap perannya dalam kehidupan. Wanita tidak hanya bertugas di dapur tetapi juga harus pintar ilmu dan mengaji. Peran wanita juga turut mendampingi suami dalam mencapai cita-cita.

Aryanto menambahkan bahwa kegiatan nonton barenag akan dilanjutkan dengan menulis resensi film Nyai Ahmad dahlan di sekolah. Setelah menulis para siswa akan memperesentasikannya. Harapannya dengan menulis resensi akan semakin menguatkan pemahaman karakter dan perjuangan Nyai Ahmad Dahlan. Karya siswa terbaik akan dibukukan menjadi kado Milad Muhammadiyah ke-108 dari SMP Muhamamdiyah Program Khussu Kottabarat Surakarta.

0Shares

Related posts

Leave a Comment