Dari lomba Kreatifitas TK di SD Muhammadiyah 18 Surakarta Drs. Tridjono (Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Surakarta) AKTUALISASI BAKAT ANAK HARUS DI KAWAL SEJAK USIA DINI

Pencarian minat dan bakat terhadap anak khususnya anak TK dilakukan oleh masing masing sekolah dimanapun berada. Pencarian bakat yang dimaksud untuk mendorong anak agar meningkatkan kreatifitasnya sehingga dalam perjalannya dalam pencapaian cita cita tidak monoton dan  diharapakan terus berkembang. Kita ketahui bersama penggalian bakat anak secara psikologis diawali sejak anak itu duduk dibangku TK dan SD. Karena didalam benak otak  mereka terkandung energi yang positif dan mudah diarahkan. Pada sisi lain kreatifitas anak yang dikawal sejak usia dini akan menghasilkan buah yang nyata. Nota bene cita cita mereka bisa terealisasi sesuai harapan orang tuanya.

Lomba yang diselenggarakan oleh SD Kreatif Muhammadiyah 18 Surakarta kemarin merupakan jawaban serta tuntutan dari para orang tua yang selama ini telah didengar oleh pihak dikdasmen muhammadiyah. Tujuan utama dari lomba tersebut menurut Drs. Tridjono sebagai jawaban atas kemauan masyarakat, sebab korelasi antara bakat anak dengan tuntutan masyarakat harus disinkronkan sehingga akan terbentuk kebersamaan dan kekuatan yang menuju kepada pencapaian cita cita.

Lomba yang diikuti puluhan anak TK dari berbagai sekolah tersebut berjalan aman dan lancar. Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah tokoh muhammadiyah serta pejabat dari dikdasmen muhammadiyah Surakarta. Diantara lomba yang disajikan antara lain membaca ayat-ayat suci Al Quran, lagu kosidah, gerak dan seni, tari kreasi yang berbasis keislaman serta sendratari. Pentas anak-anak tersebut disaksikan secara langsung oleh seluruh pejabat muhammadiyah, komite sekolah serta para orangtua. Suasana perjalanan lomba nampak meriah dan penuh keakraban. Karena lomba tersebut telah dirancang jauh jauh hari yang dalam pelaksanaanya didukung penuh oleh keluarga besar muhammadiyah.

Lebih lanjut ditambahkan oleh Tridjono, aktualisasi diri pada anak yang didalamnya terdapat potensi perlu disalurkan melalui pencarian minat dan bakat. Sebab didalam diri anak terkandung potensi yang luar biasa dan perlu digali serta diarahkan pada jalur yang benar. Namun demikian jangan sampai pengaktualan diri anak tersebut keluar dari jalur syariat Muhammadiyah. Dengan lomba tersebut Tridjono percaya mutu pendidikan di Muhammadiyah akan semakin meningkat dan masyarakat akan berbondong bondong menitipkan di lembaga pendidikan berbasis keislaman muhmmadiyah. Dengan kata lain, Muhammadiyah bukan sebagai alternatif, tetapi sebagai rujukan yang utama.  

Sementara itu, Drs. H. Mugorrobin selaku Tim Ahli Pengembangan SD Kreatif Muhammadiyah Kota Surakarta mengatakan acara ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi yang dikemas secara apik dan menarik. Tujuanya untuk memberikan pencerahan bahwa di Solo ini ada salah satu SD Muhamadiyah yang memiliki ciri khas atau kekhususan yang berbeda daripada yang lain. Pada dasarnya kurikulum yang sama namun ada tambahan pendidikan yang berbeda didalamnya. SD ini baru dibuka di tahun 2017-2018 wajar kalau saat ini gencar melakukan sosialisasi dan promosi. Oleh karena itu sekolah Muhhamadiyah yang berada di desa Gandekan dalam tahun penerimaan siswa baru 2018 bisa berjalan dengan baik. “Tentunya jumlah kuota yang diharapkan dengan jumlah kelas yang disediakan. Secara pribadi saya sudah tahu kualitas SDM yang dipersiapkan oleh sekolah kreatif ini dan saya percaya sekolah ini akan di cintai masyarakat,” harapnya. (ries/her)

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment