Kembali ke Masa Lalu di nDalem Kopi Yang Asri

Solo – Dunia kuliner tanah air kini semakin berkembang pesat sejalan dengan ketatnya pgersaingan yang semakin mengglobalisasi. Banyak diantara pengusaha kuliner yang kini juga telah melebarkan sayapnya demi mempertahankan para pelanggannya. Para pengusaha kuliner harus pintar pintar menciptakan inovasi baru agar usahanya tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama. Tak jarang pula sebagian pengusaha kuliner telah memadukannya dengan bantuan teknologi informasi demi kelancaran usahanya. Sebagai contoh nDalem Kopi Solo Anyar yang berada di Ceplukan RT 02 RW 16 Wonorejo, Gonangrejo, Karanganyar ini selain pemasaran secara konvensional juga menggunakan bantuan media sosial untuk memasarkan olahan unggulan dari rumah makan tersebut.

Rumah makan yang dibuka pada 8 November 2017 lalu ini mengusung konsep perpaduan dari berbagai rumah makan yang ada di sebuah kota di Jawa Tengah. “Perpaduan itu di rangkum menjadi satu karena ingin menciptakan suatu atmosfer yang sama tanpa harus pergi jauh jauh ke kota tersebut. Dengan menu andalan berupa kopi deli, masakan jawa, bubur kacang hijau dan juga beberapa pendopo yang kental unsur tradisional dirangkum menjadi satu di nDalem Kopi Solo Anyar.” Ungkap Anda, owner dari nDalem Kopi.

Atmosfer sengaja diciptakan sama dengan yang diadopsi, karena untuk memuaskan kerinduan para pengunjung tanpa harus pergi ke luar kota dan cukup di daerah sekitaran Solo. “Rumah makan yang buka pukul 07.00 22.00 ini menyediakan minuman andalan berupa kopi deli yang di ramu dengan resep rahasia dari rumah makan tersebut dan juga terdapat sayur lodeh dan telur crispi yang merupakan makanan andalan, selain itu juga terdapat menu pembuka berupa bubur kacang ijo yang begitu legit tetapi tetap utuh walau dimasak cukup lama”. Ungkap Anda.

Walaupun terletak di tengah perumahan elite yang padat tetapi nuansa klasik dan tradisional dihadirkan dalam rumah makan tersebut, mulai dari bentuk bangunan, interior dan ekstetior. Rumah joglo yang dipadukan dengan beberapa pendopo dan juga interior dan eksterior yang berupa kayu semakin menambah kesan tradisional. Disini juga terdapat pekarangan yang masih luas yang dimanfaatkan pemilik sebagai agrowisata petik jambu deli, ini terbukti dapat menambah kesan suasana tradisional dan pedesaan di tengah kompleks perumahan tersebut.

Meski tergolong cukup baru karena gencarnya pemasaran di media sosial dan juga dari mulut ke mulut rumah makan tersebut berhasil menyedot perhatian banyak orang berkat suasana tradisional dan klasik yang dihadirkan di dalamnya. Kebanyakan para pengunjung tertarik untuk berfoto setelah menikmati makanan yang disajikan disana, untuk itulah disana difasilitasi juga berbagai spot foto klasik. Menurut Anda, Owner nDalem Kopi dengan banyaknya animo pengunjung untuk berfoto inilah disediakan free wifi bagi para pengunjung, yang harapannya nanti foto tersebut di unggah ke media sosial yang sekaligus juga secara tidak langsung akan mempromosikan rumah makan tersebut. Selain fasilitas free wifi di sana juga tersedia mushola dan pendopo untuk pertemuan besar.

Kedepan dengan besarnya animo masyarakat, rumah makan ini akan terus mengadakan pembangunan untuk melengkapi berbagai fasilitas dan juga perbaikan pelayanan guna memuaskan para pengunjung dan sekaligus mempertahankan pelanggan. Nantinya saya masih akan mengeluarkan berbagai peluru untuk membuat gebrakan baru di rumah makan ini, salah satu yang terdekat ini adalah pembangunan taman bunga dengan tujuan sebagai salah satu spot foto. Saya yakin ini akan menarik minat masyarakat untuk datang kesini. Ujar Anda sang Owner. Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia kuliner Indonesia dewasa ini, menuntut para pemiliknya untuk selalu membuat berbagai gebrakan baru di bidangnya. Jika tidak maka dapat dipastikan usaha tersebut akan meredup mengingat masyarakat saat ini membeli makan bukan hanya untuk sekedar kenyang tetapi juga dapat dinikmati dari segi estetika dan juga suasana tempat tersebut. #rlt

0Shares

Related posts

Leave a Comment