PENGURUS OSIS HARUS IKUT BELA NEGARA

Suatu kewajiban bagi anak bangsa untuk ikut memikirkan nasib bangsa minimal, mengetahui sejarah perjalanan bangsa dan negara indonesia. Karena Indonesia bisa berdiri megah seperti seksarang ini tidak lepas dari peran setrta sdan perjuangan para pahlawan kita. Kemerdekaan kita merupakan persembahan yang harum dari tokoh pejuang atau para pendahulu kita yang yang saat itu berjuang mati matian merebut indonesia dari tangan penjaajah kita sebagai anak bangsa yang notabene sebagai generasi penerus wajib menjunjung tinggi serta mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang positif. Rasa bela negara wajib bagi seluruh warga masyarakat indonesia tak terkecuali mereka yang sudah tiada. Bela negara harus ditanamkan pada hati sanubari serta pundak para generasi mudakarena keberlangsungan negara ini jelas berada ditangan anak-anak kita yang sekarang sedang dibangku pendidikan.
Seperti yang baru saja terjadi di SMP N 2 Jatisrono Wonogiri puluhan murid yang tergabung dalam OSIS SMP N 2 Jatisrono diminta oleh panitia penyelenggara yang dikomandani oleh Basuki S.Pd selaku kepala sekolah setempat. Para murid diajak duduk bersama mendengar kan cerahmah bela negara yang berisi tentang wawasan kebangsaan. Ceramah tersebut disampaikan oleh Pelda Bambang Suhartono atas nama atau mewakili Danramil Kapten Ihmam Kusnardi Komandan Koramil 14 Jatisrono. Dalam ceramahnya Bambang Suhartono mengupas arti dan makna bela negara, ia menyatakan bahwa PPBN (Pendidikan Pendahuluan Bela Negara) tidak hanya menjadi tugas TNI semata tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua seperti yang tertuang dalam UUD 1945 yaitu pasal 30 ayat 1 “Bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Acara yang berlangsung selama sehari itu dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Oktober 2017 berjalan aman dan lancar.
“Saya kira sangat penting bela negara disampaikan kepada adek- adek khususnya adek-adek yang termasuk pengurus osis SMP N 2 Jatisrono ini dengan maksud dan tujuan agar adek-adek menghargai nilai perjuangan para pahlawan, serta punya rasa nasionalisme yang tinggi. Apa yang saya sampaikan yaitu materi cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin akan kesaktian pancasila, rela berkorban, dan yang terakhir mempunyai kemampuan bela negara yang dimaksud disini agar adek-adek para muda mudi ini nantinya akan meneruskan kita semua yang semoga adek-adek ditahun kira-kira 2045 yang akan menjabat sebagai pemimpin untuk itu adek-adek mulai dari sekarang harus punya rasa disiplin. Disiplin adalah nafasmu ibarat nya jika tidak ada disiplin akan terjadi kehancuran. Untuk itu mulai dari sekarang disiplin harus ditingkatkan apalagi adek-adek semua adalah calon pemimpin walaupun pemimpin tingkat kecil yaitu pemimpin OSIS di SMP N 2 Jatisrono ini”, tandasnya.
Dalam akhir katanya Pelda Bambang Suhartono mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasamanya antara SMP N 2 Jatisrono dengan Koramil Jatisrono yang telah terjalin selama ini dan apa yang disampaikan semoga bermanfaat.(Ries/R/Giyadi).

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment