Melonggok SDN 2 Sumberagung Batuwarno Wonogiri

Maju mundurnya sekolah tergantung sejauh mana peran seorang kepala sekolah. Kepala sekolah dikenal tidak hanya sebagai pemimpin, tetapi juga sebagai sutradara atau penggarah gaya, seorang kepala sekolah dituntut tidak hanya mahir dalam teori tetapi harus mahir dalam hal praktek. Artinya kombinasi antara teori dengan praktek harus seimbang bisa diwujudkan dalam bentuk realita, disini seorang kepala sekolah harus bisa memanage SDM, waktu, uang, konflik serta yang lainnya. Kepala sekolah harus sempurna, kendati dalam kodratnya tidak ada didunia ini manusia yang sempurna, namun dalam tindakan seorang kepala sekolah harus nyata, realistis, dan apa yang diprogramkan dapat dirasakkan oleh seluruh komponen yang ada, seperti yang dialami dan dijalani oleh Endarwati,S.Pd.,M.Pd selaku kepala sekolah di SDN 2 Sumberagung Batuwarno Wonogiri ini, selama menjabat ia telah menorehkan beberapa prestasi baik ditinggkat kecamatan kabupaten provinsi, bahkan tinggkat nasional. Hal ini bisa di lihat dari sederetan piala, piagam, dan penghargaan yang ia terima. Terpampang di ruang kepala sekolah. Seperti apa komentar kepala sekolah yang dikenal dengan kesantunannya ini, mari kita ikuti penuturannya.

ING NGARSA SUNG TULADHA
ING MADYA MANGUN KARSA
TUT WURI HANDAYANI

Såpå wóngé síng ora sênêng yèn éntúk pangalêmbånå? ……Nangíng thukulíng pangalêmbånå iku ora gampang. Kudu disranani kanthi pakarti kang bêcik lan murakabi marang wóng akèh. Yèn múng disranani båndhå, pangalêmbanané múng kandhêg ing lambé baé ora tumús ing ati. Déné yèn disranani pênggawé kang lêlamisan, ing pamburiné malah bakal kasingkang-singkang kasingkíraké såkå jagadíng pasrawungan.
Yèn kêpingín mênang pancèn larang pitukóné, yaiku kudu bisa nuhóni sêsanti: “Surå dirå jayaníngrat lêbúr déníng pangastuti. Rumangsa melu Handarbeni, Wajib melu Hangrungkepi, Mulat Sarira hangrasa Wani,(Motto SDN 2 Sumberagung 2017/2018)

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment