Museum Radya Pustaka, Museum Sejarah Yang Terlupakan

Surakarta – Museum Radya Pustaka adalah salah satu museum sejarah yang terdapat di kota Surakarta. Museum ini terletak di jalan Brigjen Slamet Riyadi,Sriwedari,Laweyan kota Surakarta.

Museum ini sudah berdiri sejak 28 Oktober 1890,dan sekarang telah berusia 126 tahun. Di dalam museum ini terdapat berbagai macam koleksi benda-benda bersejarah, meliputi cangkrik Raja Mala, wayang kulit,senjata tradisional, manuskrip kuno, arca hindu-Buddha,dll. Namun banyak beberapa anak sekolah yang malah tidak mengetahui dimana letaknya, ungkap salah satu siswa yang neggan disebut namnya. Padahal jelas disebelah bangunan taman hiburan yang menjadi icon kebun binatang 20 tahun silam yakni Sriwedari.

Salah satu Staf museum ini,Soemarni Wijayananti (42) menilai,minat masyarakat terutama anak muda terhadap museum,pihak museum pun melakukan inisiatif agar masyarakat dapat lebih tertarik datang ke museum,”pihak museum bekerja sama dengan dinas pendidikan untuk menjaring siswa-siswi baru untuk datang ke museum agar mereka dapat lebih mengenal budaya jawa dan melihat berbagai koleksi di sini. Selain itu di sini juga sering di gunakan untuk shooting dari TV swasta, dan itu pun juga bisa jadi promosi juga untuk museum ini”,tuturnya.

Ia juga menghimbau kepada generasi muda sekarang agar mau datang ke museum dan mempelajari budaya setempat,”Orang Jawa sekarang kan sudah kurang “njawani” ya, harapanya sedikit demi sedikit mereka bisa tertarik untuk datang ke museum”,ujarnya.

Museum ini buka pada hari Selasa-Minggu,untuk hari Selasa-Kamis dan Sabtu buka mulai pukul 08.00-15.30 WIB. untuk hari Jum’at buka mulai pukul 08.00-10.30 WIB.,dan hari Minggu mulai pukul 09.00-13.00 WIB. Museum ini tutup pada hari Senin dan hari-hari libur nasional. Untuk masuk ke dalam museum pengunjung tidak di kenakan biaya, hanya perlu mengisi buku tamu yang di sediakan di depan pintu masuk museum.

#M. Rayhan Rizqi R.
#Erlangga Rizky

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment