Masa Orientasi Siswa,Masih Melegenda

 

 

 

Boyolali (19/07) – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau yang dulunya dikenal dengan nama MOS. Kegiatan ini merupakan kegiatan sekolah pada saat tahun ajaran baru sekolah.

Sebelum terbit Permendikbud nomor 18 tahun 2016, masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru lebih dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa (MOS). MOS sendiri dirubah namanya oleh menteri pendidikan dan kebuayaan di era bapak Anies Baswedan karena memiliki arti kenangan yang kurang baik di mata masyarakat. Dahulu MOS itu identik dengan perpeloncoan, penganiayaan terhadap siswa baru, ajang untuk mengerjai adik-adik kelas yang baru, ajang unjuk gigi para siswa yang lebih senior dan lain sebagainya.

Namun, pada Masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru ini semua hal-hal atau kegiatan tersebut sudah ditiadakan dan dilarang untuk dilaksanakan di lingkungan sekolah dan diterapkan kepada siswa yang baru masuk.

Di SMK N 1 BOYOLALI sendiri MPLS telah terselenggara pada tanggal 15 Juli 2017 untuk Pra-MPLS. Sedangkan untuk kegiatan MPLS dimulai pada tanggal 17-19 Juli 2017. Kegiatan ini dilakukan seluruh siswa baru yang telah diterima di sekolah tersebut.

Tujuan dari kegiatan MPLS ini adalah melatih agar siswa dapat disiplin, menumbuhkan jiwa kebersamaan antar siswa yang baru saja kenal, serta tidak lupa untuk memperkenalkan lingkungan sekolah. Itu semua agar siswa baru dapat membiasakan dirinya di sekolah barunya.

Kegiatan MPLS pada umumnya juga diselingi kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh guru-guru sekolah tersebut. Tidak lupa juga kegiatan game-game agar siswa baru tidak bosan dan tidak merasa takut.

 

“Tentunya ketika masa awal masuk sekolah para siswa akan menghadapi masa-masa orientasi / adaptasi atau pada tahun 2017 ini lebih dikenal dengan istilah pengenalan lingkungan sekolah” jelas ketua panitia LPMS tahun 2017 Samudro Suryo Seto

Kegiatan lingkungan sekolah ini bertujuan untuk mengenalkan program-program sekolah serta sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah sehingga para siswa dapat memanfaatkannya dengan baik, selain itu parasiswa juga dapat mengenal atau mengetahui teman-teman baru mereka di sekolah yang baru.

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment