Setan Jawa Film Bisu dengan Alunan Gamelan

Setan Jawa Film Bisu dengan Alunan Gamelan

Surakarta (14/07) – Setan Jawa adalah sebuah film bisu yang bernuansa hitam putih dan diiringi langsung oleh alunan gamelan orkestra. Film ini merupakan kolaborasi karya dari Garin Nugroho (sutradara) dan Rahayu Supanggah (komposer). Inspirasi Setan Jawa bertumbuh dari film bisu hitam putih klasik bertajuk Nosferatu (1922) dan Metropolis (1927).

Peran utama difilm ini adalah Asrama Abigail, Heru Purwanto, dan Luluk Ari. Ketepatan antara film dan alunan gamelan orkestra membuat nuansa film ini terlihat indah dan keren. Tak hanya itu, suara emas para pesinden juga membuat jalan cerita terkesan nyata.

Pembuatan film ini tidak begitu lama, yaitu hanya 7 hari saja. Dengan pemilihan tempat dan suasana yang sangat tepat. Film ini memilih candi Sukuh untuk menjadi tempat utama karena candi masih berkaitan dengan kemistisan dan oesugihan. Sedangkan suasana yang tercipta film bisu ini ialah Setan, Pesugihan, Kolonialisme, Dunia Mistik, Sensualitas, dan Magic Realism. Film ini adalah film hitam putih yang paling sukses di Indonesia. Walaupun film ini baru saja jadi tetapi film ini sudah akan tampil di berbagai acara dalam negeri ataupun luar negeri. Contohnya adalah Kanada, Berlin, dan Singapura.

Spesialnya film ini adalah mayoritas pemain film dan pemain okestranya berasal dari solo. Semua pemegang alat diokestra adalah composer handal. Mereka juga telah mendapatkan gelar The Best Original Sport sebagai okestra gamelan yang sangat baik. Latar belakang pembuatan film ini ini adalah terinspirasi dari film Jerman yang merupakan film bisu tanpa iringan musik. Sedangkan untuk setan Jawa sendiri dilatarbelakangi oleh kemiskinan pada zaman kolonial Belanda dan mistisme psikologi dari pelukis handal Citro Waluyo. Film ini juga mengikutsertakan unsur binatang. Dimana binatang adalah salah satu simbol pesugihan. Binatang yang ada di film ini adalah bulus yang melambangkan bumi yang terdiri dari 2 daratan. Dan kepiting yang melambangkan dapat mengguncangkan dunia. #Musrafid

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment