Keji Beling Tanaman Semak dalam Dunia Kesehatan

Keji

Keji beling atau orang jawa sering menyebut dengan kata “keci beling” atau “sambang geteh” ini ada salah satu tanaman herbal yang tumbuh subur didaerah pedesaan ataupun perbukitan ini berbentuk sepintas menyerupai rumput liar yang berbatang tegak diarea semak-semak. Tanaman herbal satu ini mudah berkembang biak di area lahan yang subur dan lahan terbuka.

Tumbuhan keji beling bisa disebut merupakan tumbuhan semak yang hidup bergerombol. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 1-2 meter dalam ukuran tumbuhan dewasa. Morfologi atau ciri dari tumbuhan ini adalah akar yang dimilikinya ialah akar tunggang, batangnya merupakan batang beruas yang ditutupi oleh lapisan bulu kasar, kulit batang tersebut berwarna hijau muda dan ada bintik-bintik kecil yang menghiasinya, namun warna hijau muda tetsebut akan menjadi berwana coklat tua dengan bintik yang lebih besar pula apabila tumbuhan tersebut telah dewasa. Bentuk daun dari tanaman ini bulat telur bahkan ada yang lonjong dengan tepi daun bergerigi dan ujung daunnya ialah meruncing, permukaan daun ini memiliki bulu halus, pangakal daunnya runcing, tulang daunnya pun menyirip, dan bertangkai pendek. Bunga dati tanaman ini identik dengan bentuk yang kecil sekilas mirip dengan bunga melati, biji pada tumbuhan tersebut jika masih muda berwarna hijau dan apabila sudah tua berubah menjadi hijau kehitaman.

Tanaman ini memiliki khasiat tersendiri dalam dunia kesehatan yang paling terkenal adalah sebagai tanaman untuk mengobati penyakit batu ginjal dimana kalium yang terdapat dalam daun dapat melarutkan batu ginjal dan batu empedu, tak hanya itu juga sepertinya khasiat tanaman herbal satu ini, tanaman ini juga dipercaya menyembuhkan penyakit disentri, diare (mencret), serta menurunkan kolesterol. Bagaimana cara mengolahnya menjadi obat ? Ya, caranya adalah memasak daun atau merebus daun keji beling dengan takaran air secukupnya atau sesui selera, direbus selama setengah jam kemudian air rebusan tersebut diminum tak hanya itu, daun ini dapat digunakan sebagai lalapan langsung santap sebagai penadamping makan.

Ternyata tak hanya itu, tanaman ini kerap digunakan sebagai mengatasi tubuh yang gatal dengan cara menggosokkan langsung pada area yang gatal. Sebenarnya tanaman herbal ini banyak khasiatnya tak seperti halnya yang telah disebutkan masih banyak penyakit yang dapat diatasi dengan tanaman ini seperti, lever (penyakit kuning), ambien (wasir), maag, kencing batu, kencing batu ginjal, kecing batu empedu, dsb.
Semoga artikel ini bermanfaat . #anggita

  • Share on Tumblr

Related posts

Leave a Comment